BlogInstagram

Instagram Diretas? Inilah Cara Memulihkan Akunnya

Instagram Diretas Inilah Cara Memulihkan Akunnya
Instagram Diretas? Inilah Cara Memulihkan Akunnya

Instagram sangat penting bagi para desainer, berfungsi sebagai alat pemasaran dan jaringan yang merupakan kunci untuk mendapatkan klien baru. Jadi, apa yang harus Anda lakukan jika Instagram direntas? Pertama, jangan panik-Anda tidak sendirian. Tetapi jika akun Instagram diretas, penting untuk bertindak cepat.

Semakin cepat Anda bergerak untuk memulihkan profil Instagram , semakin besar kemungkinan akan berhasil. Berikut ini adalah cara untuk mendapatkan kembali akun Instagram , serta langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keamanan siber.

Bagaimana Cara Mengetahui Jika Akun Instagram Telah Diretas?

Ada beberapa tanda yang jelas bahwa Anda mungkin berurusan dengan akun Instagram yang diretas. Sebagian besar peretas segera mengubah data pribadi akun sebagai cara untuk mengeluarkan Anda, serta mencegah Anda mendapatkan kembali akses ke Instagram.

Setiap kali email, nomor telepon, atau kata sandi telah diubah, Instagram akan mengirimi email pemberitahuan; email tersebut berasal dari security@mail.instagram.com.

Jika tidak mengubah apa pun, itu pertanda bahwa peretas mungkin telah mendapatkan akses ke akun. Instagram juga akan memperingatkan tentang “upaya login yang mencurigakan,” yang mungkin merupakan tanda bahwa peretas mencoba mengakses akun.

Baca juga: Cara Melihat Instastory yang Sudah Lama Hilang

Tanda lain bahwa akun Instagram telah diretas adalah melihat aktivitas yang tidak biasa pada feed Anda. Terkadang itu adalah gambar, Reel, atau Cerita yang muncul di profil Instagram yang tidak Anda posting sendiri, dan terkadang itu adalah pengikut yang menerima pesan langsung dari profil yang tidak Anda kirim. (Dengan catatan itu, jika melihat beberapa aktivitas di luar kebiasaan di halaman teman, beritahu mereka! Anda mungkin dapat mengamankan sebelum mereka melakukannya).

Dapatkah Mendapatkan Kembali Akun Instagram yang Telah Diretas?

Jawaban singkatnya: Tergantung.

Jika Instagram diretas, Anda bisa mendapatkannya kembali, tetapi harus bergerak cepat agar peretas tidak dapat membahayakan akun lebih jauh. Jika bertindak dengan cepat, mungkin dapat mengusir peretas saat mereka berada di akun – dan yang lebih penting lagi, sebelum mereka mengubah data pribadi, menghapus foto, atau memposting ke profil. Dengan begitu, bisa terhindar dari kesulitan untuk memulihkan akun Instagram melalui permintaan dukungan Meta.

Tetapi jika peretas telah melampaui batas login dan telah mengubah detail akun seperti kata sandi, email, dan nomor telepon, pemulihan profil menjadi jauh lebih sulit. Bergantung pada seberapa besar kerusakan yang telah mereka lakukan, Instagram mungkin dapat membantu memulihkan akun Anda. Namun, persiapkan diri: Jika akun telah dihapus oleh peretas, mungkin tidak ada yang bisa dilakukan oleh tim dukungan Instagram untuk memulihkan akun.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kembali Akses ke Akun Instagram yang Diretas?

Jawabannya tergantung pada apakah peretas hanya mengubah kata sandi Instagram, atau kata sandi Instagram dan info kontak. Berikut adalah cara untuk memulihkan akun Instagram sesegera mungkin.

1. Kata sandi tidak berfungsi-apa yang harus Anda lakukan?

Jangan panik dulu. Jika mendapati bahwa kata sandi tidak lagi berfungsi, cukup ikuti langkah-langkah untuk mengatur kata sandi baru, seperti yang diminta oleh halaman login di aplikasi Instagram. Tautan login akan dikirimkan ke akun email atau nomor telepon, dan Anda bisa menggunakan kode keamanan untuk masuk kembali ke akun dan mengubah kata sandi. Ini akan menjadi skenario kasus terbaik, karena dapat menyelesaikan masalahnya sendiri tanpa harus menghubungi layanan pelanggan Instagram. (Meskipun demikian, bukan ide yang buruk untuk tetap menghubungi mereka dan memberi tahu mereka bahwa akun Instagram telah diretas-perusahaan mungkin akan memberikan beberapa kiat keamanan yang berguna untuk menjaga akun Anda tetap aman di masa mendatang).

2. Saya tidak mendapatkan email pengaturan ulang kata sandi untuk mengubah informasi login saya. Lalu bagaimana?

Di sinilah masalah menjadi rumit. Jika terkunci dari akun media sosial dan tidak menerima tautan pengaturan ulang kata sandi ketika memintanya melalui tombol “lupa kata sandi”, peretas mungkin telah mengubah email dan nomor telepon. Sebagian besar peretas melakukan ini dengan segera sehingga mereka dapat mengendalikan akun untuk diri mereka sendiri. Mereka bahkan mungkin menahan akun Instagram untuk tebusan dan meminta bitcoin atau barang rampasan lainnya agar bisa mendapatkannya kembali. Jika itu yang terjadi, Anda harus melaporkan aktivitas tersebut ke Instagram dengan mengikuti petunjuk langkah demi langkah di sini. Mereka akan meminta Anda untuk memverifikasi identitas dengan berbagai cara, seperti mengambil video selfie untuk membuktikan bahwa memang benar seperti yang Anda katakan. Proses ini kemungkinan tidak akan memberikan akses langsung; mungkin perlu waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu untuk memulihkan akun Instagram.

Ada cara baru untuk mendapatkan akses langsung yang cepat ke dukungan – tetapi harus bersedia membayarnya. Meta telah meluncurkan Meta Verified, sebuah paket langganan yang menyediakan akun Instagram dan Facebook dengan fitur-fitur premium. Ya, itu termasuk centang biru media sosial yang terkenal itu, tetapi juga mencakup dukungan khusus, pemantauan pencurian identitas di antaranya. Saat ini, Meta Verified hanya tersedia untuk akun individu, bukan akun bisnis, tetapi kami tidak akan terkejut jika Meta memperluas program ini di masa depan. Saat ini, Meta Verified berbiaya antara $11,99 dan $14,99 per bulan, tergantung pada paket yang pilih-keduanya termasuk dukungan khusus.

Langkah Ketika Mencurigai Seseorang Mencoba Meretas Akun Instagram?

Ada beberapa tanda bahaya yang mungkin mengindikasikan bahwa seseorang mungkin mencoba meretas akun Instagram (atau sudah meretasnya). Tiga di antaranya adalah: menerima email perubahan kata sandi dari Instagram yang tidak Anda picu sendiri, menerima permintaan perubahan email yang tidak diminta dari security@mail.instagram.com, dan melihat postingan yang tidak Anda buat. Berikut cara mendapatkan bantuan.

Apa yang harus dilakukan jika Instagram menemukan aktivitas mencurigakan di akun Anda.

Jika seseorang mencoba mengatur ulang kata sandi, Instagram akan mengirimi email yang memberitahukan perubahan tersebut.

Jika menerima email dari security@mail.instagram.com bahwa seseorang telah meminta untuk mengubah kata sandi dan itu bukan Anda, seseorang mungkin mencoba meretas akun Instagram. Laporkan situasi tersebut ke Instagram melalui tautan dalam email tersebut, lalu segera ubah kata sandi.

Jika menerima email dari security@mail.instagram.com yang menanyakan tentang mengubah alamat email yang terkait dengan akun Instagram, tetapi Anda sendiri tidak membuat permintaan tersebut, klik tautan dalam pesan yang bertuliskan Amankan Akun Saya. Jika tidak dapat masuk ke halaman login Instagram, penipu mungkin telah mengubah kata sandi. Jangan putus asa dulu-Anda masih bisa mendapatkan bantuan dengan meminta tautan masuk atau kode keamanan.

Waspadai hal lain

Tetapi tetaplah waspada ketika menerima email Instagram ini: Beberapa pesan yang tampaknya berasal dari Instagram bisa jadi merupakan upaya phishing atau penipuan dari peretas yang dapat menyebabkan akun disusupi atau malware terinstal di perangkat Anda. (Kami mencantumkan email Instagram yang benar di sini lagi untuk tujuan yang baik: security@mail.instagram.com.) Kabar baiknya, Meta telah mengembangkan fungsi untuk membantu melindungi Anda dari penipuan email. Jika masuk ke bagian keamanan aplikasi Instagram, Anda bisa melihat email apa saja yang dikirim Instagram dalam dua minggu terakhir. Meninjau data tersebut akan membantu memverifikasi keaslian email.

Ingatlah bahwa pesan lain, seperti DM Instagram dan obrolan WhatsApp, juga dapat berisi penipuan phishing. Tetaplah waspada!

Jika melihat foto, Reel, atau Cerita yang tidak Anda posting bahkan dari postingan Instagram dua akun muncul di halaman, atau pengikut melihat DM aneh dari akun Anda, Anda mungkin telah diretas di Instagram. Jika masih masuk, Anda harus segera mengubah kata sandi, karena hal itu akan mengusir peretas dari akun Anda. Anda juga harus keluar secara manual dari perangkat yang mencurigakan melalui halaman aktivitas login, serta mencabut akses dari aplikasi pihak ketiga yang mungkin mengalami pelanggaran keamanan dan mengekspos informasi login.

Bisakah Memulihkan Akun Instagram Jika Akun Tersebut Telah Dihapus?

Dalam beberapa kasus, peretas mungkin menghapus semua postingan, membuat akun mandul. Atau mereka mungkin menghapus akun sepenuhnya. Jika mereka telah menghapus beberapa tetapi tidak semua akun, Anda mungkin dapat mengambil postingan dengan masuk ke bagian Aktivitas di akun Instagram dan memilih Baru Saja Dihapus. (Tentu saja hanya dapat melakukan ini setelah mendapatkan kembali akses ke akun!) Di sana, akan menemukan postingan dari 30 hari terakhir serta cerita dari 24 jam terakhir. Anda kemudian dapat mengembalikan gambar atau video tersebut ke profil Instagram.

Tetapi jika akun telah dihapus sepenuhnya, Anda mungkin kurang beruntung. Instagram sendiri mengatakan, “Ketika menghapus akun, profil, foto, video, komentar, suka, dan pengikut akan dihapus secara permanen.” Anda bisa membuat akun baru dengan alamat email yang sama dengan yang Anda gunakan sebelumnya, tetapi mungkin tidak bisa mendapatkan nama pengguna yang sama.

Meskipun demikian, ada sebuah jendela di mana dapat memulihkan akun Instagram . “Jika seseorang telah menghapus akun Anda, secara teknis Anda memiliki waktu 30 hari untuk menghubungi Instagram untuk menjelaskan bahwa Anda telah diretas dan [meminta mereka] untuk mengembalikan akun. Instagram mengklaim bahwa mereka menyimpan data selama itu,” kata pemasar digital Jonathan Simon, direktur pemasaran dan komunikasi di Telfer School of Management di Universitas Ottawa. “Namun, ini adalah kesempatan yang panjang. Setelah akun dihapus, kemungkinan besar akun tersebut akan hilang.”

Meskipun tidak ada metode proteksi akun yang benar-benar aman dari kegagalan, dengan tetap berada di atas praktik-praktik terbaik keamanan semoga dapat mencegah dari keharusan membangun kembali pengikut Anda. Anda juga bisa mengunduh data Anda sesering mungkin untuk menyimpan arsip postingan, pengikut, dan bahkan komentar-dengan begitu, jika Instagram diretas dan pada akhirnya harus membangun kembali akun, Anda sudah punya bekal.

Apa Saja Cara untuk Melindungi Akun Instagram dari Hacker?

Peretasan tidak terbatas pada pengguna Instagram terkenal seperti selebriti dan influencer dengan jutaan pengikut. “Akun apa pun bisa menjadi target, karena jika peretas berhasil, mereka dapat menggunakan akun yang diretas untuk mencoba mendapatkan informasi penting seperti nomor kartu kredit, alamat, dan PIN dari pengguna lain yang tidak menaruh curiga,” kata Simon.

1. Buat kata sandi yang kuat

Kata sandi yang kuat adalah langkah awal yang tepat-dan ya, rangkaian huruf dan angka yang disarankan oleh iOS Apple cukup aman. (Jika khawatir tentang mengingat semua login, pengelola kata sandi digital dapat membantu). Namun, ada beberapa langkah tambahan yang harus dilakukan untuk menggagalkan peretasan potensial.

2. Aktifkan autentikasi dua faktor

Autentikasi dua faktor mengharuskan pengguna untuk memasukkan kode keamanan dari aplikasi autentikasi atau ponsel melalui pesan teks (SMS) setiap kali mereka masuk ke perangkat baru-dan ini merupakan pencegah yang kuat bagi para penipu. Meta menawarkan layanan ini, dan Anda dapat mengaturnya melalui halaman keamanan di aplikasi.

3. Periksa aktivitas login

Awasi aktivitas login, yang juga dapat ditemukan di bawah bagian keamanan aplikasi. Di sana, akan melihat semua perangkat yang saat ini digunakan untuk masuk ke akun Instagram, ditambah lokasi geografisnya. Jika melihat aktivitas yang mencurigakan di sini, Anda dapat keluar dari perangkat tersebut dari perangkat saat ini.

4. Memeriksa aplikasi pihak ketiga yang memiliki akses ke Instagram

Memberikan akses aplikasi pihak ketiga ke akun Anda adalah cara mudah untuk berbagi konten di berbagai platform, tetapi hal ini memiliki risiko: Peretas dapat membobol aplikasi tersebut dan mencuri informasi login Instagram. Buka pengaturan keamanan, lalu klik Aplikasi dan Situs Web untuk melihat aplikasi apa saja yang memiliki akses ke akun Instagram. Perhatikan setiap pelanggaran data besar yang mungkin memengaruhi aplikasi-aplikasi tersebut-jika itu terjadi, Anda harus segera mengubah kata sandi.

5. Aktifkan penyimpanan otomatis

Meskipun langkah ini tidak akan melindungi akun dari peretas, langkah ini memberi kesempatan untuk menyimpan semua foto ke ponsel jika Instagram Anda diretas dan dihapus. Di aplikasi, klik Pengaturan, lalu Akun, lalu Foto Asli (iPhone) atau Kiriman Asli (Android), dan pastikan Simpan diaktifkan.

Chaka Eddo Rastafarian

Seorang penulis di Zypas.com. Chaka lulus dari ITB ASIA dan berfokus pada Instagram strategist serta social media marketing. Pengalamannya lebih dari 4 tahun di bidang tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *