BlogInstagram

7 Cara Berjualan di Instagram agar Banyak Pembeli

Cara Berjualan di Instagram Agar Banyak Pembeli dari Hasil Riset Ini
Cara Berjualan di Instagram Agar Banyak Pembeli dari Hasil Riset Ini

Untuk membantu meluncurkan bisnis Anda (atau hanya mengembangkannya!), kami menyusun daftar 7 tips untuk membantu Anda membangun gebrakan dan meningkatkan pengikut di Instagram.

Baik meluncurkan bisnis baru, startup, atau proyek sampingan, semua orang ingin tahu cara menjadi populer di Instagram. Elsie Larson, salah satu pendiri blog populer A Beautiful Mess, memiliki lebih dari 350.000 pengikut di Instagram dan tahu betul apa yang berhasil dan apa yang tidak dalam hal Instagram. Namun, ada satu hal yang menurutnya kurang: aplikasi pengeditan foto yang mengagumkan yang dapat membuat foto-foto cerah, berani, dan penuh warna seperti yang muncul di feed Instagram-nya. Maka lahirlah A Color Story.

Dengan menggunakan strategi Instagram yang kami uraikan di bawah ini, A Color Story mampu mengumpulkan lebih dari 5.000 pengikut Instagram bahkan sebelum aplikasi mereka tersedia! Sejak meluncur dua minggu yang lalu, A Color Story telah muncul di App Store dan sekarang memiliki lebih dari 62.000 pengikut, yang cukup menakjubkan.

Jadi, bagaimana mereka melakukan ini? Memiliki basis pengikut yang besar di tentu saja membantu, tetapi ada banyak hal yang bisa Anda pelajari dari A Color Story tentang meluncurkan bisnis sendiri di Instagram. Berikut panduan cara berjualan di Instagram agar banyak pembeli.

Cara Berjualan di Instagram Agar Banyak Pembeli

1. Sertakan komunitas Instagram dalam pengujian beta

Saat meluncurkan bisnis baru, penting untuk mendapatkan umpan balik tentang ide, konsep, dan produk selama tahap awal. Tetapi untuk membuat bisnis sukses di Instagram, Anda harus menyertakan anggota komunitas Instagram dalam pengujian untuk mendapatkan umpan balik yang berharga. Anda dapat memulai komunitas kecil dengan cara mencari Instagram orang di sekitar terlebih dahulu, kemudian mengajaknya bergabung satu demi satu.

Selama periode pengujian beta untuk A Color Story, tim di A Beautiful Mess membuat grup pengujian beta yang melibatkan para influencer Instagram yang memiliki gaya Instagram serupa yang cocok dengan aplikasi mereka.

Dengan menyertakan para influencer Instagram dalam pembuatan aplikasi ini, mereka tidak hanya mendapatkan umpan balik yang berharga, tetapi juga para pengguna Instagram merasa terlibat dalam tim dan bersemangat untuk memposting tentang A Color Story dan membagikan aplikasi ini kepada para pengikut mereka.

2. Mengarahkan semua lalu lintas ke akun Instagram

Jika ingin meluncurkan bisnis di Instagram, penting untuk menjadikan Instagram Anda sebagai tempat yang masuk ke dalam daftar kunjungan mereka untuk mendapatkan informasi tentang tanggal peluncuran, penawaran produk, dan hal lain yang ingin Anda komunikasikan! Dengan mengarahkan semua lalu lintas ke profil Instagram dari postingan blog, email, dan situs web, Anda dapat memulai untuk membangun komunitas Instagram. Selain itu, dengan cara membuat tulisan unik di Instagram Story, Anda dapat menarik lebih banyak pengikut.

A Color Story pertama kali mengumumkan dalam sebuah posting blog di A Beautiful Mess, dan pembaca terdorong untuk mengikuti saluran Instagram aplikasi tersebut untuk mendapatkan informasi tentang tanggal peluncurannya. Mereka memposting secara teratur ke saluran tersebut agar tetap menjadi yang teratas di benak para pengikutnya, dan mulai melibatkan komunitas mereka bahkan sebelum aplikasi tersebut tersedia.

Strategi ini mungkin tidak bekerja dengan baik untuk setiap bisnis – beberapa bisnis mungkin ingin mengarahkan semua lalu lintas ke halaman pendaftaran buletin, misalnya – tetapi jika ingin membuat gebrakan di Instagram, taruhan terbaik adalah mengarahkan semua orang ke Instagram Anda sebelum peluncuran.

3. Bangun pengikut sebelum meluncurkan

Untuk meluncurkan bisnis di Instagram dengan sukses, Anda harus memulai dengan membangun beberapa gebrakan sebelum tayang! A Color Story mengumumkannya di blog dan Instagram mereka sekitar satu setengah minggu sebelum peluncuran aplikasi yang sebenarnya, yang menciptakan antisipasi dan kegembiraan di antara para pengikut mereka. Kelompok uji beta influencer Instagram mereka membantu dengan memposting tentang aplikasi ini di saluran mereka sendiri, dan bersama-sama mereka dapat menciptakan kegembiraan yang berkembang untuk aplikasi ini, yang berujung pada peluncuran yang lebih sukses saat aplikasi ini tersedia!

4. Dapatkan pratinjau yang indah dari feed Instagram

Sebelum mengirim teman, keluarga, dan pengikut ke saluran Instagram Anda, pastikan saluran tersebut terlihat luar biasa terlebih dahulu! Anda harus memiliki beberapa foto yang sudah diposting (3-5) untuk menunjukkan jenis konten apa yang bisa mereka harapkan dari Anda, bersama dengan konten visual yang mengkomunikasikan merek dan bisnis. Tunggu untuk meluncurkan Instagram sampai Anda memiliki feed pratinjau yang cantik.

Untuk A Color Story, memiliki feed Instagram yang sudah penuh dengan gambar-gambar yang indah dan cerah sangat penting untuk menampilkan kemampuan pengeditan foto aplikasi dan mengkomunikasikan pesan merek mereka. Sekali melihat feed Instagram mereka, Anda langsung memahami merek mereka dan ingin mengikuti untuk mengetahui lebih lanjut!

Baca juga: Cara Mengatasi Akun Instagram yang Terkena Suspend

5. Buat nama yang layak di Instagram

Yang terpenting dari cara berjualan di Instagram agar banyak pembeli adalah memberi nama bisnis, ini sudah merupakan tantangan besar, tetapi jangan lupakan Instagram! Selain menginginkan nama Instagram yang sudah tersedia (dan sebaiknya tersedia di semua jaringan media sosial), Anda juga perlu memikirkan tentang tagar Anda.

Dengan semakin populernya proyek-proyek tagar kreatif, memiliki tagar bermerek aktif yang ingin pelanggan gunakan adalah sebuah pot emas di ujung pelangi Instagram. Tagar #WellTravelled milik Herschel telah digunakan lebih dari 700.000 kali, dibandingkan dengan #HerschelSupply yang telah digunakan lebih dari 150.000 kali. Jika meluncurkan bisnis baru, memiliki nama merek yang berfungsi sebagai tagar yang aspiratif dapat menjadi kunci kesuksesan Instagram Anda.

Seluruh strategi pemasaran untuk A Color Story difokuskan pada Instagram – bahkan penamaan aplikasinya! “Kami memilih A Color Story karena kami ingin orang-orang merasa nyaman memberi tagar pada foto mereka dengan nama merek kami, yang membantu kami meningkatkan kesadaran merek dan membuat nama kami lebih dikenal,” kata Trey. “Nama ‘A Color Story’ sangat bagus untuk mengkomunikasikan tentang aplikasi kami, tetapi juga dapat digunakan untuk mendeskripsikan foto Anda.” Hanya dalam beberapa minggu, lebih dari 40.000 foto Instagram telah diberi tagar #acolorstory!

6. Menawarkan fasilitas eksklusif Instagram

Setelah membangun pengikut Instagram dan memiliki feed Instagram yang menarik, Anda pasti ingin membuat pelanggan dan komunitas tetap terlibat dan bersemangat dengan bisnis! Salah satu cara mudah untuk melakukannya adalah dengan menawarkan insentif, tunjangan, hadiah, atau diskon khusus Instagram. Entah itu kode diskon yang hanya bisa mereka temukan di Instagram, atau giveaway Instagram, memberikan sedikit saja bisa menghasilkan banyak!

Jika masih bingung fasilitas eksklusif apa yang ingin Anda tawarkan, maka dapat membuat dan menggunakan Q&A di Instagram Story terlebih dulu sehingga pengikut bisa menyuarakan pendapatnya.

Untuk memberi penghargaan kepada pengikut mereka dan mendapatkan pengikut baru, aplikasi A Color Story menampilkan beberapa filter gratis yang hanya tersedia untuk pengikut Instagram mereka. Pengguna di dalam aplikasi yang belum mengunjungi saluran Instagram mereka dapat melihat penawaran ini, dan dapat membuka kunci filter dengan mengikuti mereka. Jenius!

7. Berpartisipasi dalam Hashtag

Mengembangkan bisnis di Instagram membutuhkan kesabaran dan dedikasi, dan pekerjaan itu tidak pernah selesai! Menjadwalkan posting Instagram sebelumnya adalah cara mudah untuk menjaga bisnis tetap teratur dan tetap berada di atas jadwal Instagram Anda. Setelah meluncurkan bisnis Anda, Anda masih perlu berinvestasi dalam membangun jaringan dengan pengguna Instagram lainnya dengan berpartisipasi dalam berbagai tagar.

A Color Story melangkah lebih jauh lagi, dan menciptakan proyek tagar mereka sendiri #AColorWeek seminggu setelah peluncurannya. Setiap hari mereka menampilkan foto-foto dari warna pelangi yang berbeda, dan orang-orang dari seluruh komunitas Instagram berpartisipasi!

Chaka Eddo Rastafarian

Seorang penulis di Zypas.com. Chaka lulus dari ITB ASIA dan berfokus pada Instagram strategist serta social media marketing. Pengalamannya lebih dari 4 tahun di bidang tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *