BlogWhatsapp

7 Cara untuk Memperbaiki WhatsApp Tidak Berfungsi

7 Cara untuk Memperbaiki WhatsApp Tidak Berfungsi
7 Cara untuk Memperbaiki WhatsApp Tidak Berfungsi

WhatsApp adalah alat komunikasi yang penting bagi banyak orang – ini adalah aplikasi perpesanan paling populer di dunia. Jadi, jika aplikasi ini tidak berfungsi untuk Anda, hal itu bisa membuat frustrasi. Tidak selalu jelas apa masalahnya, jadi Anda mungkin perlu mencoba beberapa langkah pemecahan masalah untuk mempersempit masalahnya.

Dengan mengingat hal tersebut, berikut ini adalah cara-cara paling umum untuk memperbaiki WhatsApp ketika tidak berfungsi pada ponsel Anda atau WhatsApp not Working.

Cara untuk Memperbaiki WhatsApp Tidak Berfungsi

1. WhatsApp mungkin telah menghapus akun Anda

Jika Anda secara teratur menggunakan akun WhatsApp Anda, ini mungkin bukan masalah bagi Anda, tetapi jika Anda terakhir kali membuka WhatsApp beberapa waktu yang lalu, ada baiknya Anda mengetahui bahwa layanan ini berhak menghapus akun Anda setelah 120 hari tidak aktif. Jika akun Anda telah dihapus, Anda harus membuat yang baru.

2. Pastikan Anda memiliki koneksi nirkabel yang kuat

Jika koneksi nirkabel ponsel Anda gagal, Anda mungkin akan mengalami masalah saat menyambung dan menggunakan WhatsApp. Pastikan Anda melihat sinyal WiFi atau sinyal seluler dalam status di bagian atas layar ponsel, dan jika ragu, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi lain yang mengakses internet untuk memastikan bahwa bukan koneksi Anda yang menyebabkan masalah.

Terkadang, mematikan dan menghidupkan kembali internet Anda dapat menyelesaikan masalah konektivitas – geser ke bawah dari kanan atas layar untuk melihat Control Center di iPhone atau Quick Settings di Android, lalu ketuk ikon Mode pesawat. Tunggu beberapa saat dan ketuk lagi untuk menyalakan kembali nirkabel Anda.

3. Mulai ulang WhatsApp

Jika aplikasi WhatsApp berperilaku buruk, menutup dan memulai ulang aplikasi ini sering kali dapat memperbaiki masalah. Berikut ini cara menutup aplikasi di Android dan iOS. Setelah menutup WhatsApp, mulai ulang aplikasi dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi.

4. Memeriksa apakah WhatsApp sedang down

WhatsApp pada umumnya merupakan layanan yang dapat diandalkan, dan Anda jarang perlu khawatir jika sedang offline. Namun, terkadang, setiap layanan online mengalami pemadaman. Ingin mengetahui apakah masalahnya ada pada WhatsApp, bukan pada Anda? Buka halaman status WhatsApp di Downdetector, yang akan memberi tahu Anda jika ada pemadaman layanan saat ini. Anda juga bisa mencari “Apakah WhatsApp sedang down” di browser Anda.

5. Mulai ulang ponsel Anda

Seperti halnya memulai ulang aplikasi WhatsApp, Anda bisa memulai ulang iPhone atau perangkat Android Anda untuk melihat apakah hal tersebut dapat mengatasi masalah. Anda dapat mematikan sebagian besar perangkat Android dengan menekan dan menahan tombol daya selama beberapa detik – atau tarik pusat kontrol ke bawah dari bagian atas layar dan temukan ikon daya.

6. Pastikan WhatsApp sudah diperbarui

Sebaiknya pastikan ponsel Anda secara otomatis memperbarui semua aplikasi. Tetapi jika Anda belum memperbarui WhatsApp dalam beberapa waktu, versi Anda mungkin memiliki bug atau ketidakcocokan, sehingga tidak berfungsi dengan baik. Berikut ini cara memperbarui WhatsApp secara manual di Android, dan jika Anda memiliki iPhone, prosesnya serupa:

  1. Mulai aplikasi App Store.
  2. Ketuk ikon Pencarian di kanan bawah dan cari “WhatsApp”.
  3. Jika aplikasi memiliki pembaruan, tombol akan bertuliskan Perbarui – ketuk. Jika tidak, akan muncul tulisan akan bertuliskan Buka, yang menunjukkan bahwa Anda sudah mendapatkan pembaruan.

7. Bersihkan cache Anda

Terakhir, beberapa data yang rusak di cache WhatsApp mungkin mencegah aplikasi bekerja dengan benar, jadi Anda harus menghapus cache dan melihat apakah hal tersebut dapat menyelesaikan masalah Anda. Anda tidak dapat menghapus cache jika Anda menggunakan WhatsApp di iPhone. Sebagai gantinya, Anda perlu menghapus dan install ulang aplikasi dari App Store. Jika Anda memiliki perangkat Android, Anda bisa menghapus cache tanpa mencopot pemasangan WhatsApp:

  1. Mulai aplikasi Pengaturan dan ketuk Aplikasi.
  2. Jika perlu, ketuk Lihat semua aplikasi, lalu ketuk WhatsApp.
  3. Ketuk Penyimpanan & cache.
  4. Ketuk Hapus cache.

Mulai ulang aplikasi. Jika masalah masih berlanjut, ikuti langkah yang sama dan ketuk Hapus Penyimpanan. Perhatikan bahwa menghapus penyimpanan aplikasi akan menghapus informasi masuk dan semua data lain yang tersimpan dari aplikasi.

Chaka Eddo Rastafarian

Seorang penulis di Zypas.com. Chaka lulus dari ITB ASIA dan berfokus pada Instagram strategist serta social media marketing. Pengalamannya lebih dari 4 tahun di bidang tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *