BlogFacebook

8 Cara Membuat Halaman di Facebook untuk Promosi Blog

Cara Membuat Halaman di Facebook untuk Promosi Blog
Artikel Cara Membuat Halaman di Facebook untuk Promosi Blog

Facebook berhasil menorehkan angka 3 miliar pengguna aktif bulanan pada Juli 2023, sebuah angka yang luar biasa dibandingkan mayoritas aplikasi yang ada di toko aplikasi. Platform media sosial terkenal ini menyediakan fitur halaman atau fanpage untuk para pengguna, pendaftarannya pun mudah. Berdasar hal tersebut, adalah sebuah keputusan cerdas jika Anda memanfaatkannya untuk mempromosikan blog agar mendapatkan banyak pengujung.

Cara membuat halaman di Facebook untuk promosi blog terbilang mudah, yang harus Anda perhatikan adalah konsistensi untuk melanjutkannya. Berikut adalah cara membuat halaman FB untuk blog.

Cara Membuat Halaman di Facebook untuk Promosi Blog

1. Pilih Niche Halaman

Pertama, Anda harus memilih niche halaman FB yang sesuai dengan niche blog Anda. Dengan memilih niche yang sesuai, konversi pengunjung blog dari halaman Facebook akan meningkat dan lebih tinggi dibandingkan niche yang berbeda.

Coba Anda bayangkan, sebuah halaman Facebook memiliki niche atau tema tentang masakan dan minuman. Kemudian di halaman profilnya ada link blog yang seharusnya berisi tentang makanan dan minuman juga, tetapi malah berisi tentang teknologi. Tentunya konversi yang dihasilkan akan rendah, karena pengikut halaman yang datang bermaksud untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan terkait masakan atau minuman tersebut. Di sini, hampir semua usaha yang Anda lakukan sia-sia.

Jadi, apakah tidak boleh memilih niche lain? 90% tidak, tetapi jika Anda ingin sekedar “menyenggol” niche lain dengan maksud untuk mempercepat pertambahan pengikut, maka Anda bisa membuat 1 – 2 postingan yang berbeda dari niche utama per bulan. Utamakan untuk menargetkan kejadian yang viral atau akan viral, sehingga tidak perlu sering-sering membuat postingan yang berbeda.

Baca juga: 13 Tools Instagram Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

2. Siapkan Halaman Facebook

Setelah memilih niche yang sesuai, tahap selanjutnya adalah membuat dan menyiapkan halaman Facebook untuk promosi blog Anda. Anda bisa membuatnya langsung di HP atau lewat browser seperti pada laptop. Secara jelas, Facebook lebih menekankan fitur yang lengkap di desktop karena layar yang lebih luas.

Pastikan juga untuk mengingat password Facebook Anda, jika hilang maka akan kehilangan semua progres yang sudah dicapai. Anda bisa membaca artikel berikut tentang 5 cara mengganti password Facebook di FB Lite agar aman.

3. Sesuaikan Halaman Facebook

Melakukan penyesuaian adalah hal yang penting untuk menarik orang agar mau mengikuti halaman Facebook. Anda bisa memulainya dengan membuat sampul yang berisi ajakan follow page Facebook dan foto profil yang sesuai dengan niche halaman atau blog. Anda juga bisa mengedit bagian Tentang untuk lebih menyakinkan pengunjung. Menyisipkan tombol ajakan dan berkunjung ke blog harus Anda lakukan untuk mengingatkan pengunjung.

Siapkan juga stiker atau template jawaban yang lucu untuk Anda menjawab komentar dari pengunjung halaman Facebook. Dengan begitu pengujung lebih terasa dihargai dan akan mencari tahu lebih dalam tentang halaman Facebook Anda.

4. Rencanakan dan Buat Konten yang Menarik

Kesuksesan di Facebook bergantung pada seberapa baik Anda dapat menarik dan mempertahankan perhatian pengujung Anda. Konten yang menarik adalah kunci perjalanan Anda. Sebelum apa pun masuk ke halaman Anda, sangat penting untuk merencanakan strategi konten ke depannya. Untuk melakukannya, Anda harus memahami preferensi dan masalah audiens target Anda.

Mulailah dengan menentukan kategori atau tema konten yang akan menyederhanakan proses perencanaan. Contohnya:

  • Postingan edukasi yang memberikan informasi kepada pembaca.
  • Kisah inspiratif yang terhubung secara emosional.
  • Konten hiburan atau meme yang menyenangkan.
  • Postingan promosi yang mendorong tindakan.

Agar tidak mati ide di tengah jalan, Anda bisa membuat konten sebanyak mungkin sesuai pemikiran Anda saat ini dan menjadwalkannya untuk waktu yang akan datang. Penjadwalan konten umumnya 3 – 7 hari sekali, sesuaikan dengan kemampuan produksi konten halaman Facebook dan postingan blog Anda. Berikut tips lainnya.

  • Rencanakan postingan berminggu-minggu sebelumnya.
  • Tambahkan hari libur, acara, atau tren terkenal yang relevan dengan blog.
  • Tentukan jenis konten untuk setiap postingan. Tidak harus foto terus, Anda bisa sesekali menambahkan video dan kata kata lucu di halaman Facebook.
  • Tentukan waktu posting yang optimal.

5. Promosikan Blog dengan Iklan Facebook

Promosikan Blog Anda di Facebook
Chaka Eddo Rastafarian - Zypas com Thumbnail 10

Jika tidak ingin menunggu lebih lama, Anda bisa menggunakan jalan pintasnya, sebuah iklan berbayar! Dengan memasang iklan, engagement akan lebih luas dan lebih banyak menarik pengujung. Anda bisa mencoba alat A/B test di meta untuk mengecek iklan mana yang paling efektif dan efisien untuk promosi blog. Semakin kecil angka pay per click (PPC) yang iklan Anda hasilkan, maka semakin besar juga keuntungan yang didapat.

Tidak usah takut dengan modal yang sedikit, Anda bisa mencoba dengan minimal Rp16.000 per hari. Ada preview juga perkiraan jumlah pengunjung Facebook yang datang, sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan.

6. Memanfaatkan Grup FB

Cara no 5 di atas adalah versi berbayar, jika tidak memiliki uang atau takut mengeluarkan uang, Anda bisa mencoba versi gratisnya untuk mempromosikan blog melalui grup Facebook. Butuh waktu yang lebih lama untuk melakukannya, tapi yang terpenting adalah ini gratis!

Ingat untuk tidak melakukan spamming yang berujung pada pengeluaran dari grup atau bahkan banned permanen dari grup. Cukup masuk ke 5 – 10 grup yang relevan dengan niche halaman Facebook dan posting satu kali per minggu pada masing-masing grup. Anda juga bisa aktif berkomentar untuk meningkatkan engagement rate dari postingan grup yang Anda buat.

7. Jaga Hubungan Pengikut Halaman FB

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya pada nomor tiga, hubungan Anda dengan pengikut adalah kuncinya. Anda bisa memulainya dengan menjawab setiap pertanyaan dan komentar yang dihasilkan oleh pengikut. Usahakan juga untuk segera menjawabnya sehingga pengikut benar-benar dihargai.

Menyisipkan satu atau dua balasan yang lucu juga bisa menarik perhatian pengunjung lain. Tetap batasi balasan yang lucu agar tidak menyinggung personal dan malah membuat kegaduhan. Jika tidak sengaja menyinggung perasaan orang lain, Anda harus segera meminta maaf baik secara terbuka atau tertutup.

8. Mengukur Keberhasilan Blog Anda

Setelah ketujuh tahapan di atas Anda lalui, sekarang adalah melacak seberapa efektif kinerja yang Anda lakukan dengan melihat traffik yang muncul. Anda bisa melihatnya secara langsung di tab metrik di Facebook HP atau di Meta business di browser laptop.

Metrik yang penting yaitu jangkauan dan interaksi konten. Jangkauan menggambarkan jumlah orang yang berhasil Anda raih melalui postingan halaman Facebook, sedangkan interaksi konten menjelaskan seberapa banyak interaksi pengujung selain aktivitas melihat di halaman Facebook termasuk suka, komentar, membagikan dan lainnya. Selain itu menggambarkan seberapa banyak pengunjung yang menekan link menuju blog Anda. Jika banyak yang masuk ke blog Anda, berarti semua strategi di atas berhasil.

Kesimpulan

Itulah panduan cara membuat halaman Facebook untuk promosi blog milik Anda. Ingat beberapa tips sebelumnya terutama terkait dengan interaksi dan hubungan pengikut, jumlah jangkauan pengunjung dan promosi gratis lewat grup Facebook. Jika ada pertanyaan, Anda bisa berkomentar di bawah artikel ini.

Pertanyaan Umum

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan terkait artikel cara membuat halaman di Facebook untuk promosi blog.

  1. Apa saja strategi utama untuk berinteraksi dengan audiens Facebook Anda?

    Berinteraksi dengan audiens Facebook Anda bisa dilakukan dengan membalas komentar dengan segera, mengajukan pertanyaan, mengadakan jajak pendapat, mengadakan sesi tanya jawab langsung, berbagi konten buatan pengguna, memanfaatkan Facebook Stories, dan membuat grup eksklusif untuk pengikut aktif.

  2. Bagaimana Facebook Insights dapat membantu keterlibatan audiens?

    Facebook Insights membantu melacak preferensi, perilaku, dan keterlibatan audiens di halaman Anda. Data ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan konten dan strategi keterlibatan untuk memenuhi minat audiens dan meningkatkan interaksi dengan lebih baik.

  3. Jenis konten apa yang mendorong interaksi di Facebook?

    Konten yang mendorong interaksi di Facebook mencakup postingan yang mendorong balasan dan komentar, sesi tanya jawab langsung, jajak pendapat, dan berbagi konten buatan pengguna yang senada dengan pengujung Anda.

  4. Mengapa harus segera menanggapi komentar di Facebook?

    Tanggapan yang cepat terhadap komentar sangat penting karena hal ini menunjukkan kepada pengikut Anda bahwa Anda menghargai masukan mereka. Hal ini dapat meningkatkan keterlibatan dan loyalitas di antara pengikut.

  5. Bagaimana membuat grup Facebook eksklusif bermanfaat bagi blog Anda?

    Membuat grup Facebook eksklusif untuk pengikut blog Anda memberi mereka rasa keanggotaan VIP, membina komunitas yang lebih erat dan mendorong keterlibatan melalui pengalaman yang lebih terkurasi dan interaktif.

  6. Metrik utama apa yang harus dilacak dengan untuk mengukur kesuksesan blog?

    Metrik utama untuk mengukur kesuksesan blog Anda di Facebook mencakup tampilan halaman, demografi audiens, tingkat keterlibatan, jangkauan, dan lalu lintas rujukan. Melacak metrik ini membantu menyempurnakan strategi konten Anda dan mempertahankan minat pengikut.

Chaka Eddo Rastafarian

Seorang penulis di Zypas.com. Chaka lulus dari ITB ASIA dan berfokus pada Instagram strategist serta social media marketing. Pengalamannya lebih dari 4 tahun di bidang tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *