BlogWhatsapp

Cara Membuat Polling di WhatsApp Grup Android dengan Mudah

6 Cara Membuat Polling di WhatsApp Grup Android yang mudah disertai tipsnya
Cara Membuat Polling di WhatsApp Grup Android yang mudah

Siapa yang tidak suka memperoleh opini dari orang-orang terdekat dalam kehidupan mereka? Bagi banyak orang, pendapat teman atau keluarga sangat berharga dalam membuat keputusan, dan dengan teknologi yang semakin maju, kini kita dapat memperoleh opini dari banyak orang dengan mudah melalui platform media sosial. Salah satu platform populer untuk memperoleh opini adalah WhatsApp, dan di sini saya akan membahas cara membuat polling di grup WhatsApp Android Anda.

Apa itu Polling?

Sebelum kita masuk ke cara membuat polling di WhatsApp grup Android, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu polling. Polling adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan pendapat atau opini dari sekelompok orang tentang topik tertentu. Metode ini biasanya dilakukan melalui survei atau kuesioner yang dibuat oleh seorang pemimpin kelompok atau pengumpul data.

Dalam konteks WhatsApp, polling biasanya dilakukan di grup WhatsApp, dan dapat membantu dalam membuat keputusan bersama dengan memperoleh opini dari banyak orang dengan cepat dan mudah.

Baca juga: cara membuat pp panjang di WA

Langkah-langkah untuk Membuat Polling di WhatsApp Grup Android

Berikut ini adalah langkah-langkah sederhana untuk membuat polling di grup WhatsApp Android Anda:

Panduan gambar untuk membuat polling di wa grup
Panduan gambar untuk membuat polling di wa grup

1. Buka Grup WhatsApp

Buka grup WhatsApp yang ingin Anda gunakan untuk membuat polling.

2. Ketik Pesan Polling

Ketik pesan polling yang ingin Anda kirim ke grup. Misalnya, “Halo semua, tolong bantu saya memilih menu makan malam nanti. Berikan opini Anda di bawah ini:”

3. Tambahkan Pertanyaan Polling

Ketik pertanyaan polling dan tipe opsi jawaban yang ingin Anda berikan. Misalnya, “Apa menu makan malam yang ingin Anda makan nanti?” dan tipe opsi jawaban “A. Nasi Bakar, B. Nasi Lele, C. Mie Pedas, D. Sate Kambing”.

4. Tambahkan Pilihan Jawaban

Ketik pilihan jawaban yang ingin Anda berikan dan pastikan setiap jawaban terpisahkan dengan tanda koma. Misalnya, “Ayam Goreng, Nasi Goreng, Mie Goreng, Sate Ayam”. Anda bisa menambahkan jawaban sebanyak yang Anda mau, tentunya dengan pertimbangan kuisioner.

5. Kirim Pesan Polling

Setelah semua opsi jawaban ditambahkan, kirim pesan polling ke grup.

6. Tunggu Hasil Polling

Tunggu hasil polling masuk. Anda dapat memantau hasil polling secara real-time untuk melihat opini dari setiap anggota grup.

Tips untuk Membuat Polling yang Efektif

Setelah membahas cara membuat polling di WA grup, sekarang pertimbangkan dengan baik pertanyaannya agar memberikan hasil yang akurat.

  • Batasi jumlah opsi jawaban agar tidak terlalu membingungkan atau memberikan banyak pilihan.
  • Berikan tenggat waktu yang jelas untuk mengisi polling agar anggota grup memiliki waktu yang cukup untuk memberikan opini mereka.
  • Pastikan untuk mengucapkan terima kasih kepada anggota grup yang telah berpartisipasi dalam polling.

Memanfaatkan Polling untuk Pengambilan Keputusan

Melibatkan pemangku kepentingan dalam pengambilan keputusan sangat penting untuk keberhasilan proyek, organisasi, atau masalah apa pun. Survei dan polling adalah alat yang ampuh yang dapat membantu Anda mengumpulkan umpan balik, pendapat, preferensi, dan wawasan dari berbagai kelompok orang yang memiliki kepentingan dalam proyek Anda. Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi manfaat menggunakan polling untuk pengambilan keputusan dan cara menerapkan opsi yang dipilih.

Dinamika Keputusan Kelompok

Polling dapat menjadi alat yang berguna, terutama ketika kita bertemu secara online dan tidak berada di sekitar flip chart yang sarat dengan post-it. Kuncinya adalah memastikan semua orang ikut serta dan tidak terlalu banyak jajak pendapat. Memenuhi presentasi atau lokakarya dengan jajak pendapat dapat mengurangi pekerjaan utama dari pertemuan tersebut. Pastikan juga untuk tetap berpegang pada pengaturan waktu, karena sangat mudah untuk teralihkan perhatiannya oleh hasil jajak pendapat yang menarik.
Ketika menggunakan polling/jajak pendapat untuk pengambilan keputusan, penting untuk menentukan tujuan dan audiens Anda. Anda dapat menggunakan email, telepon, atau wawancara tatap muka untuk melakukan survei atau jajak pendapat dengan kelompok pemangku kepentingan yang lebih kecil atau lebih spesifik. Format survei atau jajak pendapat Anda harus sesuai dengan alat Anda dan preferensi audiens Anda. Contoh, Anda dapat menggunakan pertanyaan pilihan ganda, peringkat, peringkat, pertanyaan terbuka, atau matriks untuk mendapatkan berbagai jenis tanggapan. Pada akhirnya, survei dan jajak pendapat tidak hanya berguna untuk mengumpulkan data, tetapi juga untuk membangun kepercayaan, keterlibatan, dan kolaborasi.

Menerapkan Opsi yang Dipilih

Setelah melakukan jajak pendapat, penting untuk menganalisis hasil dan mengimplementasikan opsi yang dipilih. Menurut SurveyMonkey untuk pengalaman responden yang mudah dan umpan balik yang cepat, gunakan format pilihan ganda dan maksimal 1-5 pertanyaan jajak pendapat. Gunakan jajak pendapat untuk mendorong keterlibatan audiens Anda. Tanyakan pendapat dan preferensi mereka, dan jika memungkinkan, beri tahu mereka mengapa masukan mereka penting.
Mengintegrasikan aplikasi pihak ketiga dapat membantu Anda membuat dan mengelola jajak pendapat dengan lebih efisien. Ada banyak platform jajak pendapat eksternal yang tersedia, seperti [Typeform], [Mentimeter] dan [Doodle]. Platform-platform ini menawarkan berbagai fitur, seperti jajak pendapat langsung, jajak pendapat interaktif, dan templat yang dapat disesuaikan.

Kesimpulan

Membuat polling di grup WhatsApp Android Anda dapat membantu dalam mengambil keputusan bersama dengan cepat dan mudah. Dengan mengikuti

Cara-cara yang saya sebutkan di atas, Anda dapat mengumpulkan opini dari banyak orang dengan mudah dan menghindari kebingungan dalam mengambil keputusan. Menggunakan polling di WhatsApp grup Anda dapat membantu dalam membuat keputusan bersama dengan cepat dan mudah, sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan solusi untuk masalah atau keputusan penting dalam hidup Anda.

Ketika Anda mencari pendapat orang-orang terdekat dalam hidup Anda, jangan ragu untuk menggunakan teknologi yang ada di depan mata Anda. Polling di WhatsApp grup Android Anda adalah salah satu cara yang efektif dan efisien untuk mendapatkan opini dari banyak orang dalam waktu singkat.

Ingatlah untuk membuat pertanyaan yang jelas, opsi jawaban yang terbatas, dan memberikan tenggat waktu yang jelas. Dengan melakukan itu, Anda dapat dengan mudah mengumpulkan opini yang akurat dan berguna dari anggota grup Anda.

Akhirnya, semoga panduan ini membantu Anda dalam membuat polling di grup WhatsApp Android Anda. Jangan lupa untuk memanfaatkan teknologi untuk menjalin hubungan dan membuat keputusan yang lebih baik dalam hidup Anda. Ingat juga, agar profil Anda terlihat menarik, Anda bisa membaca tips cara agar foto profil wa tidak terpotong berikut.

FAQs

Apakah saya dapat membuat polling di grup WhatsApp iOS saya juga?

Ya, Anda dapat membuat polling di grup WhatsApp iOS Anda juga.

Apakah saya dapat mengubah pertanyaan polling setelah saya mengirimnya?

Tidak, Anda tidak dapat mengubah pertanyaan polling setelah Anda mengirimnya.

Berapa lama polling dapat berlangsung?

Anda dapat menentukan tenggat waktu untuk polling berlangsung, tetapi secara default polling dapat berlangsung selama 7 hari.

Apakah saya dapat mengumpulkan opini dari orang-orang yang tidak ada di grup WhatsApp saya?

Tidak, Anda hanya dapat mengumpulkan opini dari anggota grup WhatsApp Anda.

Apakah polling di grup WhatsApp Android saya dapat diakses oleh anggota grup lain di waktu yang berbeda?

Ya, anggota grup lain dapat melihat polling di grup WhatsApp Android Anda di waktu yang berbeda.

Chaka Eddo Rastafarian

Seorang penulis di Zypas.com. Chaka lulus dari ITB ASIA dan berfokus pada Instagram strategist serta social media marketing. Pengalamannya lebih dari 4 tahun di bidang tersebut.

Tinggalkan Balasan